top
logo

RRI Mataram

HASIL PENGUJIAN KONSENTRAT YANG DILAKUKAN OLEH TIM INDEPENDEN SAMA DGN PTNNT PDF Print E-mail
Written by RRI MATARAM   
Wednesday, 16 February 2011 06:57

Hasil pengujian kandungan mineral pada konsentrat yang dihasilkan PT Newmont Nusa Tenggara - PTNNT oleh Tim Independen Pemantau Dampak Lingkungan dan Evaluasi Produk Konsentrat PTNNT pada 2003 menunjukkan hasil yang sama dengan hasil pengujian yang dilaporkan PTNNT kepada pemerintah.

Dalam Laporan hasil penelitian Tim Independen yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur NTB No. 180 Tahun 2003 tersebut disebutkan bahwa tembaga (Cu) merupakan penyusun terbesar konsentrat dengan konsentrasi 29,51 - 36,38 persen  diikuti oleh perak dan emas .

Data ini menunjukkan bahwa PTNNT melakukan penambangan bijih tembaga sebagai mineral utama, sedangkan emas dan perak sebagai mineral ikutan .Hal itu di  Laporkan Tim Independen yang diketuai H Dr Zainal Asikin SH SU.

Untuk pengujian konsentrat, Tim Independen mengambil conto konsentrat pada pengapalan ke 34 sebanyak 20.880 ton yang saat itu akan diekspor ke Jepang.menggunakan kapal MV CS Valiant. Metode analisis yang digunakan berstandar internasional dengan level Umpire level ketelitian tertinggi dalam analisis kadar konsentrat.

Pelaksanaan penelitian oleh Tim Independen NTB 2003 merupakan salah satu wujud komitmen PT NNT untuk melaksanakan prinsip transparansi dan keterbukaan dalam operasinya

PT NNT  menurut Arif Perdanakusumah, Manajer Senior Hubungan Eksternal PTNNT.  menyambut baik setiap instansi pemerintah yang tertarik untuk mengetahui proses pengujian konsentrat PTNNT.

 

bottom

Powered by Muhammad Yusuf

Designed by: lonex restore postgres db (video) Valid XHTML and CSS.
Secured by Siteground Web Hosting