top
logo

RRI Mataram

LOMBOK TIMUR LAYAK MASUK LINGKAR TAMBANG PDF Print E-mail
Written by RRI MATARAM   
Thursday, 17 February 2011 07:22

Perjuangan  untuk menjadikan Lombok Timur lokasi Lingkar tambang  semakin alot karena penelitian secara independent guna menguatkan data yang ada perlu waktu cukup lama. Apalagi pihak PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) belum memberikan respon  terhadap keinginan tersebut.

Kepala Bapeda Loombok Timur Syamsuhaidi mengungkapkan permasalahan  limbah tailing sudah melampui batas abnormal. Dampak paling besar  terlihat dari mulai rusaknya ekosistem biota laut seperti kurangnya jumlah ikan dikawasan laut Lombok Timur

Menurut Syamsuhaidi Lombok Timur sebenarnya layak untuk masuk menjadi wilayah lingkar tambang, permasalahan tailing yang dibuang ke dalam laut tidak dapat ditolerin, dampaknya tidak dapat dilihat kasat mata sehingga perlu penelitian independent lebih mendalam .Untuk memperoleh data  informasi akan dilakukan penelitian

Sementara itu ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Amin Abdullah  mendukung Lombok Timur  menjadi wilayah Lingkar tambang karena  perbaikan  akibat tailing dapat dilakukan secepatnya

Untuk itu pihaknya tetap memberikan dukungan positif, asalkan Lombok Timur  sebagai lokasi yang terkena dampak langsung mendapatkan porsi besar dalam perbaikan. Dampak dari limbah tailing sudah dirasakan oleh para nelayan dengan kurangnya jumlah tangkapan ikan, nelayan beralih  ke perairan Sumbawa,Sulawesi , bahkan ke perairan NTT.

Ketua DPRD Lotim Hj. Siti Rohmi Djalilah  juga mendukung gerakan apapun yang  memberikan kontribusi positif terhadap  Pemda setempat. Selain itu, mendukung Bappeda Lotim   membuat tim khusus guna melakukan penelitian  mengenai pencemaran yang dilakukan oleh  PT. NNT.

Bertolak dari skema wilayah yang termasuk menjadi Lingkar Tambang , wilayah berbatasan darat mendapatkan royalty cukup tinggi.  Meskipun, Lotim yang dipisahkan dengan laut namun memungkinkan menjadi salah satu lokasi yang dapat dirujuk menjadi lokasi lingkar tambang sama seperti KSB.

Menurutnya apabila upaya memasukkan Lotim  menjadi daerah lingkar tambang tidak berhasil maka pemda harus mengupayakan dengan tindakan lain.

“Perencanaan pertama tidak berhasil, harus ada allternatif lain untuk mendapatkannya .”ungkapnya.

Meskipun berkat karyawan PT.NNT  melalui daerah ini pemda  mendapatkan pemasukan cukup  besar . Akan tetapi hal itu tidak cukup karena dampaknya secara langsung tidak memberikan input positif bagi penduduk secara keseluruhan terutama disekitar pantai.

Sementara itu,  Kabid Sumber Daya Mineral (SDM) Dinas ESDM Lotim Ir. Herniniek kepada RRI menyatakan Pulau Sumabawa  yang termasuk dalam  Sumbawa Ekosistem Zone  (SUEZ)  yang berarti wilayah yang luas dengan potensi kandungan logam diperuntukkan untuk  wilayah tambang. PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang

Tailing yang dibuang mencapai 1600 ton  tidak memenuhi prosedur yang sesuai , temuan ini didapatkan dari angkatan laut, dampak paling ditakutkan jika arus bawah terangkat yang didukung oleh angin yang berembus kewilayah Lotim dapat mengakibatkan semua limbah tailing akan terangkat dan menyebar ke darat, karena penyebaran tailing dapat melalui air maupun udara (Yunia H).

.

 

bottom

Powered by Muhammad Yusuf

Designed by: lonex restore postgres db (video) Valid XHTML and CSS.
Secured by Siteground Web Hosting