Google Search

Terbaru

Terpopuler

BPDAS DODOKAN MOYOSARI NTB SIAPKAN 12 JUTABIBIT POHON


Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai – BPDAS Dodokan Moyosari NTB menyiapkan 12 Juta Bibit Pohon Untuk Penghijauan Lahan Hutan Kritis di Pulau Lombok dan Sumbawa .

Kepala Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai -BPDAS Dodokan Moyosari NTB Eko Hadi Kuncoro mengatakan pengadaan 12 Juita Bibit Pohon untuk penghijauan diserahkan sepenuhnya kepada kelompo Pengelola Kebun Bibit Rakyat – KBR yang jumlahnya 236 kelompok terdiri dari dari kelompok tani dan Lembaga Swadaya Masyarakat -LSM .

Keterlibatan keompok Tani dalam pengadaan bibit pohon penghijauansebagai upaya memberi pendidikan cara menyamai bibnit sekaigus pembelajaran bagi masyarakat pentingnya pelestarian lingkungan .

Pengelola KBR yang dipilih merupakan hasil seleksi ditingkat Kabupaten yang dilakukan secara ketat agar pengelola KBR Berkomitmen merehabilitasi lahan kritis yang di buktikan dengan lahan yang menjadi lokasi penghijauan .

Menurut Eko Hadi Kuncoro setiap KBR Yang lolos seleksi memperoleh dana maximal 50 juta rupiah untuk mengadaan 50 ribu bibit pohon .

Dana tersebut disalurkan langsung ke rekening masing masing pengelola KBR sementara itu BPDAS Memberi kebebasan pengelola KBR untuk menyemai jenis bibnit yang akan di tanam namun yang terpenting meiliki nilai Ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Saat ini berbagai jenis Pohon yang disemai KBR diantaranya adalah Trembesi,Mahoni,sengon,jati dan Turi. BPDAS NTB mentargetkan penanaman 12 Juta Pohon dengan dana 11 Milyard Rupiah tersebut dapat dilaksanakan awal Tahun 2011 yang pengawasannya langsung dinas Kehutanan di masing masing Kabupaten.

 

 
Online
We have 5 guests online
Pencari
Main Menu
Kunjungan
***
Secured by Siteground Web Hosting