Google Search

Terbaru

Terpopuler

TIGA KAWASAN KONSERVASI NTB KONDISINYA KRITIS


Tiga Kawasan Konservasi di Pulasu Lombok dan Sumbawa NTB Saat ini dalam Kondisi Kritis akibat Ilegal Loging dan Kurangnya jumlah Personil Polisi Kehutanan .

Ketiga Kawasan Konservasi Kritis yang perlu mendapat perhatian Serius masing masing Bangko Bangko di Sekotong Lombok Barat,Pulau Moyo Sumbawa dan Tambora Bima .

Kepala TU Balai Konservasi Sumber Daya Alam -KSDA NTB Ramsyah menyebutkan di NTB terdapat 20 Kawasan Konservasi dengan luas mencapai 119 Ribu Hektar terdiri atas kawasan Cagar alam Margasatwa dan Taman Buru yang sebagian besar berada di Pulau Lombok .

menurut Ramsah dari 20 Kawasan yang dikelola BKSDA NTB hanya 3 kawasan yang kondisinya Kritis akibat perambahan hutan secara ilegal oleh masyarakat untuk perladangan. Perambahan hutan tersebut sulit di deteksi karena kurangnya tenaga Polisi Kehutanan yang idealnya 25 Hektar di awasi satu Polisi Hutan .

Menurut Ramsyah jumlah Polisi hutan yang mengawasi Ratusan Ribu Hektar kawasan Konservasi di NTB Hanya 30 orang sehingga pengawasan dinilai kurang Optimal .Sementara Upaya merestorasi Kawasan Konservasi yang kritis pihaknya baru memperoileh Dana untuk 500 hektar kawasan Konservasi di Bangko bangko dengan menanam 200 ribu pohon jenis Lokal seperti kelicung,asam,bajur, beringin dan kapuk .

 

 

 
Online
We have 2 guests online
Pencari
Main Menu
Kunjungan
***
Secured by Siteground Web Hosting